FPIK Unsoed jalin kerjasama penelitian dengan Universitas Korea

Bersama Prof. Choi

Dosen Unsoed Dr. Maria Dyah Nur Meinita melaksanakan kerja sama penelitian dengan Laboratorium Marine Biosystem Engineering, Pukyong National University dan Academy-Industry Coorporation, Seafood Research Center, Silla University di bidang bioteknologi rumput laut. Penelitian meliputi pengembangan rumput laut sebagai bahan bioenergi, bahan kimia penting dan bioaktif.  Kerja sama penelitian ini dilaksanakan dengan skim World Class Research 2021 yang juga mendapat dukungan dariMinistry of Oceans and Fisheries, Korea Selatan.

 Sejak 2009, Maria meneliti rumput laut (makroalga) sebagai bahan baku penghasil bioenergi dan senyawa bioaktif. Penelitian pada tahun ini merupakan rangkaian penelitian lanjutan dari apa yang sudah dikerjakan sejak 2010. Dalam kerjasama penelitian ini terdapat dua alumni FPIK Unsoed yaitu Bertoka Fajar, S.Kel , M.Si dan Dr. Eng Gabriel Tirtawijaya yang juga ikut terlibat. Korea dipilih sebagai mitra kerjasama penelitian karena negara ini merupakan salah satu negara penghasil rumput laut yang sangat aktif mengembangkan bioteknologi rumput laut. Sejak abad ke-6 sebelum Masehi, bangsa Asia Timur termasuk juga Korea sudah memanfaatkan rumput laut sebagai bahan makananan dan juga obat-obatan herbal. Laboratorium Marine Biosystem Engineering, Pukyong National University merupakan laboratorium yang berfokus pada pengembangan alga untuk menghasilkan bioenergi dan juga produk-produk bahan kimia penting yang dapat diaplikasikan dalam berbagai industri. Pukyong National University (PKNU) merupakan salah satu universitas negeri ternama di Korea, yang terdepan dalam bidang Perikanan dan Kelautan. PKNU merupakan dari penggabungan dua universitas nasional dengan sejarah yang panjang yaitu National Fisheries University of Busan, didirikan pada tahun 1941, dan Busan National University of Technology, yang didirikan pada tahun 1924.

 

Sementara Academy-Industry Coorporation, Seafood Research Center, Silla University didirikan pada tahun 2004 merupakan pusat riset yang merupakan jembatan antara dunia akademik dan industri perikanan dan kelautan di Korea. Pada kurun waktu 2021-2022,melalui kerja sama penelitian dengan dua institusi di Korea ini Maria telah menghasilkan 5 publikasi internasional di jurnal berreputasi terindeks Scopus Q1 dan Q2. Maria yang merupakan Ketua Pusat Biosains Maritim (PSBM), LPPM Unsoed juga menginisiasi perjanjian kerjasama di bidang penelitian dan pendidikan dengan kedua institusi tersebut. Diharapkan dengan kerjasama internasional ini dapat menghasilkan luaran-luaran yang membawa Unsoed lebih dikenal di dunia internasional.

 

#unsoedmajuterus

 
 
 

Contact us

Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan
Universitas Jenderal Soedirman
Jl. Dr. Soparno, Komplek GOR Soesilo Soedarman
Karangwangkal Purwokerto 53122

Telp/fax: (0281) 642360
email : fpik.unsoed@gmail.com
 

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.