FPIK UNSOED Sukses Selenggarakan Workshop Seri 2 Jurnal Maiyah Bertajuk “Publikasi Ilmiah dari Tugas Akhir”

Purwokerto, 2 Maret 2022. Tugas akhir merupakan salah satu tahapan yang harus diselesaikan oleh mahasiswa. Outcome utama dari tugas akhir, baik berupa Kerja Praktek maupun Skripsi adalah laporan. Seringkali laporan tugas akhir hanya berakhir pada repositori perpustakaan yang jarang sekali diakses oleh mahasiswa lain atau masyarakat secara umum. Oleh karena itu, penulisan tugas dalam bentuk publikasi jurnal ilmiah menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan demi meningkatkan nilai manfaat dari proses tugas akhir tersebut.
 
Mengingat pentingnya manfaat menuliskan tugas akhir pada publikasi ilmiah untuk para mahasiswa, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNSOED berupaya untuk memotivasi mahasiswa dalam mempublikasikan tugas akhirnya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan Workshop Series 2, dengan tema “Publikasi ilmiah dari Tugas Akhir”. Acara ini merupakan rangkaian dari acara Workshop Series yang diselenggarakan oleh Jurnal Maiyah FPIK-UNSOED. Acara Workshop Series 2 diikuti oleh lebih dari 200 peserta dari internal dan eksternal FPIK UNSOED. Kegiatan ini di lakukan secara daring dan live Streaming di Youtube resmi Chanel FPIK UNSOED.
 
Dalam sambutannya, ketua panitia Workshop series ke-2, Rika Prihati Cahyaning Pertiwi, S.Pi., M.Si menyampaikan tujuan dari workshop maiyah seri 2, yang diharapkan dapat memberikan triger, gambaran, panduan dan motivasi kepada mahasiswa bagaimana pentingnya publikasi ilmiah bagi Lembaga, Dosen, dan Mahasiswa. Hal tersebut  terutama ditujukan bagi mahasiswa yang sedang melaksanakan tugas akhir, dan mahasiswa pada umumnya. Dengan demikian, jerih payah pelaksanaan tugas akhir dapat dibaca oleh audience yang lebih luas.  Selain itu memberikan informasi bagaimana kita dalam menulis publikasi dengan tetap memperhatikan Kode Etik Karya Ilmiah dan Plagiarisme, kemudian bagaimana cara mempublikasikan Tugas Akhir, bagaimana cara Publikasi di jurnal Omni-Akuatika, dan bagaimana Publikasi di jurnal Maiyah.
 
Kegiatan Workshop Maiyah series ke-2 ini dibuka oleh Dekan FPIK, Dr. Ir. Isdy Sulistyo, DEA. Dalam sambutannya,  Dr. Isdy menyampaikan apresiasi dan harapannya agar kegiatan ini bermanfaat bagi pengembangan pengetahuan dan teknologi, sekaligus untuk para kontributor jurnal Maiyah nantinya.
 
Terdapat 5 narasumber pada kegiatan Workshop series ke-2 ini, antara lain Dr. Ir. Isdy Sulistyo, DEA; Dr. Ir. P. Hary Tjahja S, MS; Ir. H. Arif Mahdiana, M.Si; Dr. rer. nat. Hamdan Syakuri, S.Pi., M.Si. dan Dr. Nuning Vita Hidayati, S.Pi, M.Si.,PhD. Moderator pada kegiatan workshop seri 2 jurnal Maiyah adalah Muslih, S.Pi, M.Si. Seluruh narasumber sepakat bahwa laporan tugas akhir dipublikasikan sebagai publikasi ilmiah, namun harus memperhatikan beberapa kaidah penulisan, salah satu hal yang terpenting adalah etika penulisan. Pemilihan penerbit jurnal juga harus disesuaikan dengan kualitas tulisan ilmiah.
 
Mahasiswa dapat memilih untuk menerbitkan publikasi ilmiahnya pada jurnal berbahasa asing (OMNI-Akuatika) maupun yang berbahasa Indonesia (Jurnal Maiyah). Mahasiswa hendaknya juga mengikuti petunjuk penulisan artikel (guidelines for author) pada tiap-tiap penerbit jurnal yang dituju. Kegiatan rangkaian Workshop series yang diadakan oleh Jurnal Maiyah dan FPIK UNSOED ini masih akan berlanjut. Workshop selanjutnya akan mengangkat topik menarik lainnya yang berkaitan dengan publikasi ilmiah. Semoga rangkaian workshop ini bermanfaat bagi mahasiswa pada khususnya dan seluruh peserta yang ingin mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal Ilmiah. Maju Terus Pantang Menyerah. (DRS; RPCP; NVH)

 
 
 

Contact us

Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan
Universitas Jenderal Soedirman
Jl. Dr. Soparno, Komplek GOR Soesilo Soedarman
Karangwangkal Purwokerto 53122

Telp/fax: (0281) 642360
email : fpik.unsoed@gmail.com
 

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.