Program Magister SDA FPIK Gelar Kuliah Umum Bioremediasi Akuatik

Purwokerto, Unsoed – Mengawali periode perkuliahan semester Genap 2021/2022, program magister Sumberdaya Akuatik (SDA) Fakutas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Unsoed menyelenggarakan kuliah umum bertajuk “Bioremediasi Akuatik” pada Rabu, 23 Februari 2022. Narasumber dalam acara ini adalah Dr. Yeti Darmayati, M.Sc, Ketua Research Group Oseanografi Biologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) . Acara dibuka oleh Dekan FPIK, Dr. Ir. Isdy Sulistyo, DEA, dan diikuti oleh 277 peserta dari berbagai lembaga seperti kementerian, perguruan tinggi, swasta dan umum, baik dalam maupun luar negeri.
 
Ketua panitia kuliah umum, Dr.L. Kartika Sari, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai salah satu bentuk kepedulian FPIK terhadap permasalahan pencemaran di wilayah pesisir dan laut Indonesia. Dekan FPIK dalam sambutannya menyatakan bahwa permasalahan pencemaran akan selalu ada sehingga inovasi teknologi pengendaliannya, diantaranya melalui teknologi bioremediasi, akan sangat dibutuhkan. Selain itu, masalah pencemaran lingkungan adalah masalah bersama sehingga dibutuhkan kepedulian kita bersama untuk menangani masalah tersebut.
 
Permasalahan ini jelas tergambar dari paparan narasumber yang mengungkapkan bahwa pencemaran oleh kontaminan organik maupun anorganik telah menjadi problematika tersendiri di darat maupun di laut. Pendekatan bioremediasi menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan dalam penanganannya. Sebagai bentuk komitmen serius pemerintah, bioremediasi telah mempunyai payung hukum yang jelas, yang tercantum dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2021 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun.
 
Pada kesempatan tersebut,  Dr. Yeti juga menyampaikan peluang kolaborasi riset dengan BRIN, baik untuk dosen maupun mahasiswa, terutama untuk kajian bioremediasi. Adapun informasi lebih lengkap dapat dilihat di website https: //manajementalenta.brin.go.id/. Kuliah umum yang dipandu oleh Koordinator Program Studi Magister Sumber Daya Akuatik, Dr. Nuning Vita Hidayati, M.Si, tersebut diakhiri dengan ajakan kepada audiens untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, sekaligus mengembangkan riset untuk pengendalain pencemaran perairan.
 
Mari kita tunaikan bakti kita pada bangsa dan negara dengan peduli dan berkarya untuk kejayaan, keunggulan dan kesejahteraan bersama. Maju terus, pantang menyerah! (LKS; NVH)

 
 
 

Contact us

Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan
Universitas Jenderal Soedirman
Jl. Dr. Soparno, Komplek GOR Soesilo Soedarman
Karangwangkal Purwokerto 53122

Telp/fax: (0281) 642360
email : fpik.unsoed@gmail.com
 

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.