HIMAKUA ADAKAN KONTES CUPANG SKALA NASIONAL

Body: 

    

Cr. HUMAS HIMAKUA

Minggu, 26/03/2017) Salah satu himpunan mahasiswa di FPIK Unsoed yaitu Himakua ( Himpunan Mahasiswa Aquaculture) menyelenggarakan kontes cupang skala nasional. Gelaran kontes yang merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himakua ini merupakan satu dari serangkaian acara yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Diesnatalis Himakua yang ke-7 yang jatuh pada tanggal 17 Maret 2017. Adapun serangkaian kegiatan Diesnatalis Himakua selain kontes cupang adalah Malam Sapta Warsa, dan Bakti Sosial 7 Tahun Mengukir Cinta. Kontes cupang kali ini mengangkat tema "Aesthetic" yang merupakan kepanjangan dari Art Education Spirit  and Thrill  In The Contest . Pelaksanaan kontes ini bekerjasama dengan salah satu komunitas penghobi cupang BMIP (Betta Mania Independen Purwokerto), dengan media partner BMS TV, Pasific, Mina Indonesia, dan Blek-Jek.

Acara yang dilaksanakan di Pusat Kegiatan Mahasiswa Unsoed ini diikuti oleh 555 ekor ikan cupang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Ikan kontes terbagi menjadi 6 kelas yang di lombakan, yakni Serit, Halfmoon, Plakat, Baby, Giant, dan Betina.Kegiatan ini dibuka secara resmi  pada pukul 09.00 WIB dengan pemotongan pita oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Bapak Drs. Marhaendro Santoso, M.Si dengan didampingi oleh Dinas Kelautan Perikanan Purbalingga, Ketua Umum Himakua, Ketua Panitia, serta tamu undangan dari Himpunan dan UKM lain di FPIK. Tak hanya kontes cupang, terdapat pula panggung live music  yang menampilkan bakat - bakat dari mahasiswa Budidaya Perairan, dan UKM seni FPIK yaitu Arteris. Selain itu terdapat stand untuk berjualan yang diisi oleh Risolaris, Petani Ikan, dan Kangen Water serta stand Himakua Corner yang berkonsepkan cafetaria.

Acara yang disponsori oleh Telkomsel ini turut mengundang tamu dari universitas lain diantaranya Universitas Diponegoro, Brawijaya, UGM, UPS ( Universitas Panca Sakti), dan Universitas Islam Nadhlatul Ulama. Para tamu universitas ini kemudian diajak berdiskusi mengenai budidaya Cupang, serta ikan Cupang yang baik dan termasuk dalam kriteria juara. Acara diskusi ini dipandu oleh Septian, salah seorang anggota BMIP. Penjurian ikan dilaksanakan sebanyak 2 kali oleh 6 orang juri yang telah lama berkecimpung dalam percupangan. Tepat pada pukul 19.30 malam pengumuman pemenang kontes pun diumumkan. Masing-masing pemenang mendapatkan medali serta uang pembinaan yang diserahkan oleh Ketua Himakua Satrio Haryu Wibowo dan Ketua Pelaksana Tubagus Aqaly Dahru. Pemenang kelas Serit adalah Eric Tiu, kelas Halfmoon Bayu Jatmiko, kelas Plakat Aliansi Rigia Bandung, kelas Giant Dhanu Iswara, dan untuk kelas Baby diraih oleh Dunia Binatang. Sedangkan untuk Juara Umum diraih oleh Heryl (SBC Karawang) dengan poin 152. Penyerahan piala Juara Umum dan Grand Champion diberikan oleh Bapak Drs. Marhaendro Santoso, M.Si. kepada para pemenang.

                                 

Trending Topic

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.