Himakua Goes to Surabaya - Semarang

Body: 

Cr. Mifta Arfadina ( Humas Himakua)

Himakua Unsoed kembali melakukan kegiatan kunjungan ilmiah yang merupakan bagian dari program kerja rutin mereka. Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga kali ini menjadi tujuan dari kunjungan yang telah dilaksanakan pada Rabu, 22 Februari 2017. Kegiatan tersebut diikuti oleh 85 orang mahasiswa dari program studi Budidaya Perairan FPIK Unsoed.

Kedatangan rombongan disambut dengan hangat, dan kemudian Himakua dijamu di lantai 5 gedung C kampus FPK Unair. Acara kemudian dibuka dengan sambutan dari bapak Eka Saputra, S.Pi, M.Si selaku perwakilan dosen yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang terdiri dari BEM FPIK Unair, Himakua Unsoed,HMBP PDD Banyuwangiserta UKM yang terdapat di FPK Unair. Kegiatan diskusi yang berlangsung membahas mengenai organisasi masing-masing yang mengundang antusiasme dari peserta diskusi. Selain diskusi, Himakua Unsoed turut diajak untuk jelajah kampus FPK Unair yang kemudian diakhiri dengan expo ukm dan foto bersama.

Kondisi kota Surabaya yang kala itu sedang mendung tidak menyurutkan semangat peserta kunjungan untuk singgah di objek wisata Pantai Kenjeran yang mana terdapat Pagoda Tian Ti dan Vihara Sanggar Agung dengan patung Dewi Kwan In dan 4 penjaganya serta tak lupa 2 ekor naga yang saling berhadapan pada bagian bawahnya yang merupakan ikon khas dari Vihara ini. Setelah puas memanjakan mata perjalanan pun dilanjutkan dengan tujuan Kota Semarang. Kunjungan Ilmiah kali ini dilaksanakan selama 2 hari 3 malam, dengan tujuan kota Surabaya dan Semarang.

Salah satu tujuan dari Kunjungan Ilmiah yang terletak di kota Semarang ini adalah Pabrik Sidomuncul. Himakua Unsoed memilih Sidomuncul sebagai salah satu destinasi untuk mengetahui proses pembuatan produk-produk andalannya salah satunya adalah probiotik / nutrisi ternak khusunya ikan yang diproduksi oleh PT. Sidomuncul Pupuk Nusantara yang merupakan anak perusahaan dari PT. Sidomuncul. Rombongan tiba pada 08.30 dan langsung disambut dengan hangat oleh pihak humas dan diajak berkeliling melihat proses produksi dan terakhir beristirahat di Agrowisata Sidomuncul yang kemudian dilakukan sesi diskusi.

Sehabis megunjungi PT. Sidomuncul, Himakua Unsoed melanjutkan perjalanan menuju Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu yang juga masih terdapat di Semarang. Rombongan yang terbagi dalam 2 bus ini masing-masing menuju BKIPM kls. II dan kantor center BKIPMKHP yang terdapat pada lokasi yang berbeda. Peserta rombongan diajak untuk lebih mengenal mengenai BKIPM yang berperan penting dalam menjaga mutu hasil perikanan. Diskusi berlangsung dengan ceria dimana para petugas tidak lelah menjawab pertanyaan dari peserta, dan suasana yang penuh kekeluargaan. Pada pukul 15.00 kegiatan kunjungan diakhiri dengan berfoto bersama serta penyerahan plakat kunjungan.

Dengan berakhirnya kunjungan pada balai maka berakhirlah kegiatan kunjungan Ilmiah Himakua 2017. Rombongan singgah terlebih dahulu di Masjid Agung Jawa Tengah untuk beristirahat dan membeli buah tangan. "Kunjungannya seru banget, jadi lebih tau tentang banyak hal. Ilmu tentang organisasinya dapat, perikanannya juga dapat. Dibarengi dengan wisata pula jadi walaupun tidur di bus terus nggak kerasa capek. Mantap jiwaa" ujar salah satu peserta kunjungan saat ditanya mengenai tanggapannya terkait Kunjungan Ilmiah kali ini.

Harapan dari Himakua melalui program kerja rutin ini terjalinnya tali silaturahmi yang baik antara Himakua dengan instansi perikanan, dan semakin banyak ilmu yang dapat dikumpulkan oleh para peserta dimana ilmu tersebut dapat berguna dikemudian hari bagi masyarakat demi jayanya perikanan Indonesia.

Trending Topic

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.