KRIPIK-SCiFiMaS 2018 Sukses Meningkatkan Jumlah Publikasi Ilmiah Internasional FPIK dan Unsoed

Gambar: 
Body: 

Komunikasi Riset Ilmiah Perikanan dan Kelautan - Scientific Communication in Fisheries and Marine Science 2018 (KRIPIK-SCiFiMaS 2018) yang sukses diselenggarakan pada tanggal 7-9 Mei 2018 telah menghasilkan beberapa publikasi ilmiah baik nasional terakreditasi maupun internasional terindeks. Kegiatan dua tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) bekerjasama dengan Pusat Studi Biosains Maritim (PSBM) Unsoed merupakan wadah para stakeholders (akademisi, peneliti, pemerintah, praktisi dan palaku usaha) untuk menyatukan visi dan komitmen dalam pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan yang berkelanjutan.

Sebagai forum ilmiah, KRIPIK-SCiFiMaS 2018 memiliki tujuan utama untuk mendeseminasikan hasil-hasil penelitian yang bermuara pada publikasi ilmiah. 132 pemakalah, lebih dari 300 peserta, 1 keynote speaker, 2 guest speaker dan 8 expert speaker baik dari dalam maupun luar negeri ikut berpartispasi dalam konferensi ilmiah tersebut. Mahasiswa dan akademisi dari FPIK dan beberapa fakultas di lingkungan Unsoed tidak ketinggalan untuk mengambil peran penting dalam kegiatan ini.

Bentuk tindak lanjut dari kegiatan KRIPIK-SCiFiMaS 2018 adalah seleksi artikel ilmiah yang dilakukan oleh reviewer dan editor masing-masing publisher. Dari 132 artikel ilmiah yang dipresentasikan, 52 artikel ilmiah sukses diterbitkan pada prosiding E3S Web of Conferences vol. 47, 2018 (https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2018/22/contents/co...), diantaranya 19 artikel ilmiah dari FPIK dan 12 artikel ilmiah dari fakultas lainnya di lingkungan Unsoed. Dengan demikian, Konferensi ilmiah ini telah berhasil menambah 31 publikasi ilmiah internasional yang terindeks scopus untuk Unsoed.

Di samping publikasi dalam bentuk prosiding, beberapa artikel ilmiah sedang dalam proses review untuk diterbitkan pada beberapa jurnal ilmiah, yaitu Biotropia (terindeks Scopus), Hayati (terindeks scopus) dan Omni-Akuatika (terakreditasi Ristekdikti, terindeks DOAJ). Saat ini, 10 artikel ilmiah telah lolos review tahap pertama pada jurnal Biotropia, 20 artikel ilmiah siap untuk diterbitkan pada jurnal Omni-Akuatika serta 14 artikel ilmiah sedang diajukan ke jurnal Hayati. Sebagian besar artikel ilmiah yang sedang dalam proses publikasi pada ketiga jurnal tersebut berasal dari FPIK. Hal ini berarti bahwa KRIPIK-SCiFiMaS 2018 masih berpeluang untuk meningkatkan jumlah publikasi ilmiah internasional dari FPIK dan Unsoed. Bentuk keberhasilan lain dari konferensi ilmiah ini adalah semua akademisi FPIK telah memiliki publikasi ilmiah terindeks Scopus.

Trending Topic

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.