Kuliah Umum Prodi BDP tema “Catfish : Management And Prospect In Vietnam”

Body: 

Program Studi BDP Gelar Kuliah Umum dengan Pembicara dari Vietnam

Selasa (10/10/2017) Baru saja diselenggarakan kuliah umum oleh Prodi Budidaya Perairan  dalam rangka Workshop On Academic Collabortion Among The International Office Of ASEAN and Universities. Kegiatan kuliah umum yang diselenggarakan di ruangan Actinia Gedung A Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Jendral Soedirman ini mendatangkan pembicara yang berasal dari Vietnam. Tak tanggung – tanggung ruangan Actinia yang kapasistasnya hanya 80 orang itu dipenuhi oleh mahasiswa Budidaya Perairan hingga beberapa ada yang berdiri demi dapat mengikuti kuliah umum ini.

    

Tepat pukul 09.00 WIB kuliah umum dibuka oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Dr. Ir. Isdy Sulistyo, DEA. Selanjutnya disambung dengan sambutan dari Christiana Cahyani Prihastuti selaku representatif dari IRO ( International Relation Office ) UNSOED yang menjebatani kegiatan kerjasama ini. Masuk ke acara inti, Dr.rer.nat Hamdan Syakuri, S.P.,M.Si selaku moderator membuka sesi kuliah umum dengan membacakan profil pembicara yaitu Le Cong Tru, PhD dari Nong Lam University, Vietnam. Mahasiswa terlihat fokus dan tetap antusias memperhatikan kuliah umum yang disampaikan, meskipun kuliah umum ini menggunakan bahasa Inggris.

   

Kuliah umum dengan tema “Catfish : Management And Prospect In Vietnam” ini membahas seputar prospek budidaya Catfish, serta kendala dan bagaimana cara memanajemen kendala tersebut sehingga budidaya lancar, lingkungan aman dan income terus meningkat. Salah satu cara yang dipaparkan pada kuliah umum ini adalah dengan menggunaan metode RAS ( Recirculating Aquaculture System) yang mana teknologi ini telah mulai dikembangkan di Vietnam untuk mengangani kasus kendala pada budiaya Ikan Patin ( Pangasius sp. ). Pada saat sesi tanya jawab hanya terpilih tiga penanya, dikarenakan waktu yang singkat. Namun demikian, moderator memberikan alamat email pembicara kepada mahasiswa apabila mereka berminat untuk diskusi lebih lanjut dengan Bapak Le Cong Tru, PhD.

Sebelum kuliah umum ditutup moderator sempat menyampaikan pertanyaan kepada Bapak Le Cong Tru, PhD mengenai apakah beliau gemar memakan Ikan Patin, lalu mengapa ikan – ikan tersebut justru diekspor, “ I love to eat Pangasius, but I also like to make money (Saya suka makan Pangasius, tapi saya juga suka menghasilkan uang)”, ucapnya yang kemudian mengundang tawa dari seisi ruangan. Akhirnya acara kuliah umum ditutup dengan pemberian cinderamata dari Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsoed kepada Bapak Le Cong Tru,PhD, serta foto bersama dengan dosen dan peserta kuliah umum.

 

Trending Topic

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.