Seminar ”Peluang Pengembangan Usaha Bidang Perikanan-Kelautan”

Universitas Jenderal Soedirman turut berperan serta dalam agenda Seminardengan tema”Peluang Pengembangan Usaha Bidang Perikanan-Kelautan”yang diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Dapil Jawa Tengah, di Cilacap, 4 Maret 2023. Hadir dalam rangkaian kegiatan tersebut  Dr. Norman Ari Prayogo, S,Pi., M.Si (Wakil Rektor III);  Dr. Sos. Waluyo Handoko, S.IP., M.Sc  (Wakil Rektor IV) serta Dr. Endang Hilmi, S.Hut., M.Si (Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan).

Aspek yang diangkat dalam agenda ini yakni berupaya meningkatkan peluang Pondok Pesantren dalam mengembangkan usaha Perikanan dan Kelautan. Bahwa Pesantren telah lama berdiri dan tetap eksis dari masa ke masa, dan keberadaannya telah ada jauh sebelum kemerdekaan Indonesia. Pesantren berkembang sebagai pusat pengajaran ilmu agama dan ilmu pengetahun, serta berbagai keahlian bagi santri/murid. Selain berbasis pengembangan keilmuan keagamaan, pesantren diharapkan mampu merespons berbagai tantangan maupun peluang di sekitar pesantren. Sejatinya pesantren mengemban tiga misi penting, yaitu Pendidikan, Dakwah dan Pemberdayaan masyarakat.

Pada kajian pemberdayaan masyarakat khususnya dibidang ekonomi, Pesantren dirasa perlu mengembangkan dan menangkap berbagai peluang usaha termasuk salah satunya dari sektor perikanan tangkap maupun perikanan budidaya. Terlebih pesantren yang terletak di Kawasan Jawa Tengah bagian selatan, berada di wilayah dengan bentangan pantai dan laut lepas, sehingga memiliki potensi perikanan dan kelautan sangat besar. Perairan laut Indonesia, berpeluang dapat menjadi sarana pemberdayaan masyarakat yang sampai saat ini belum seoptimalnya digarap dan dikelola, termasuk peluang budidaya perikanan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat. Tersebut merupakan latar belakang diadakannya agenda acara ini.

Adapun Narasumber dari kegiatan ini (1.) Dr. Abdul Kholik, SH. M.Si. (Anggota DPD RI Dapil Jawa Tengah); (2.) Dr. Ir. Muhammad Zaini, M.M (Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, Kementerian
Kelautan dan Perikanan), (3). Martin Wahyudi Hutagalung, S.Pi. (Praktisi Usaha Perikanan). Diantaranya membahas mengenai Kebijakan Pembangunan Perikanan Tangkap 2023-2024 mendukung pengembangan Bidang Perikanan dan Kelautan. Dan besar harapan tujuan dari kegiatan ini (1.) memberikan pemahaman kepada para pemangku kepentingan dalam hal usaha di bidang perikanan dan kelautan sebagai bagian dari menggali dan memanfaatkan potensi yang ada di wilayah pesisir pantai Jawa bagian selatan; (2.) Mendorong tumbuhnya sektor usaha perikanan dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat dapat tercapai. (RD_red).

 
 
 

Contact us

Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan
Universitas Jenderal Soedirman
Jl. Dr. Soparno, Komplek GOR Soesilo Soedarman
Karangwangkal Purwokerto 53122

Telp/fax: (0281) 642360
email : fpik.unsoed@gmail.com
 

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.