March 2023

Seminar ”Peluang Pengembangan Usaha Bidang Perikanan-Kelautan”

Universitas Jenderal Soedirman turut berperan serta dalam agenda Seminardengan tema”Peluang Pengembangan Usaha Bidang Perikanan-Kelautan”yang diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Dapil Jawa Tengah, di Cilacap, 4 Maret 2023. Hadir dalam rangkaian kegiatan tersebut  Dr. Norman Ari Prayogo, S,Pi., M.Si (Wakil Rektor III);  Dr. Sos. Waluyo Handoko, S.IP., M.Sc  (Wakil Rektor IV) serta Dr. Endang Hilmi, S.Hut., M.Si (Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan).

Aspek yang diangkat dalam agenda ini yakni berupaya meningkatkan peluang Pondok Pesantren dalam mengembangkan usaha Perikanan dan Kelautan. Bahwa Pesantren telah lama berdiri dan tetap eksis dari masa ke masa, dan keberadaannya telah ada jauh sebelum kemerdekaan Indonesia. Pesantren berkembang sebagai pusat pengajaran ilmu agama dan ilmu pengetahun, serta berbagai keahlian bagi santri/murid. Selain berbasis pengembangan keilmuan keagamaan, pesantren diharapkan mampu merespons berbagai tantangan maupun peluang di sekitar pesantren. Sejatinya pesantren mengemban tiga misi penting, yaitu Pendidikan, Dakwah dan Pemberdayaan masyarakat.

Kuliah Umum Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan bersama Dr. Emmanuel Manangkalangi, S.Pi., M.Si.

Senin, 27 Maret 2023 Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan telah melaksanakan kuliah umum secara hybrid sebagai salah satu peningkatan wawasan bagi mahasiswa dalam proses kegiatan pembelajaran. Kuliah umum kali ini berjudul “Konservasi Ikan Endemik Papua dan Papua Barat” dipaparkan oleh Dr. Emmanuel Manangkalangi, S.Pi., M.Si. dari Universitas Papua. Kuliah umum ini diikuti oleh mahasiswa dan dosen Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan khususnya mahasiswa angkatan 2020 yang saat ini sedang menempuh mata kuliah Konservasi Sumberdaya Perairan.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Dekan FPIK, Dr Endang Hilmi, S.Hut., M.Si. “Indonesia sebagai megabiodiversity memerlukan perhatian khusus dan prioritas dalam berbagai aspek. Indonesia dimasa depan ada ditangan para mahasiswa. Mahasiswa merupakan agent of change yang dalam masa depan yang akan terjun langsung dalam pengelolaan sumberdaya Indonesia, bukan lagi kita para dosen. Selain itu, Dekan FPIK berharap kedepannya terdapat kerjasama antara FPIK UNSOED dan UNIPA dalam pertukaran mahasiswa atau riset kolaborasi:

Mahasiswa MSP Mengikuti Lomba LIKMI#2 tahun 2023 Tingkat Nasional di UNY menyabet juara harapan 3

Lomba Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (LIKMI) #2 merupakan ajang lomba bagi mahasiswa yang memiliki rencana usaha maupun usaha yang telah berjalan dengan baik untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan (award) secara sportif atas inovasi usaha yang akan atau telah dilakukan LIKMI yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta  juga sebagai media publikasi informasi usaha mahasiswa Indonesia.
Dari kegiatan tersebut Universitas Jenderal Soedirman dalam hal ini di wakili oleh tim yang berjumlah 3 orang yaitu Zaka Syarof sebagai ketua tim, kemudian untuk anggota ada Yasmin Aulia Widiannisa, dan yang terakhir Naufal Baikhaki dari Fakultas Pertanian. Inovasi kewirausahaannya yang dilakukan adalah dengan membuat produk vertiminaponik SUPERMI(Solusi usaha pasca pandemi). Lomba dilaksanakan melalui beberapa tahap yakni, Seleksi tahap I (Administartif), Seleksi Tahap I (Finalis), dan Presentasi. Penjurian dan Presentasi Online dilaksanakan pada 25 Februari 2023. Dari lomba LIKMI#2 tahun 2023 Zaka Syarof bersama tim menyabet juara harapan 3.

Mahasiswa MSP Mengikuti Lomba LIKMI#2 tahun 2023 Tingkat Nasional di UNY menyabet juara harapan 3

Lomba Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (LIKMI) #2 merupakan ajang lomba bagi mahasiswa yang memiliki rencana usaha maupun usaha yang telah berjalan dengan baik untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan (award) secara sportif atas inovasi usaha yang akan atau telah dilakukan LIKMI yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta  juga sebagai media publikasi informasi usaha mahasiswa Indonesia.

Dari kegiatan tersebut Universitas Jenderal Soedirman dalam hal ini di wakili oleh tim yang berjumlah 3 orang yaitu Zaka Syarof sebagai ketua tim, kemudian untuk anggota ada Yasmin Aulia widiannisa, dan yang terakhir Naufal baikhaki dari fakultas pertanian. Inovasi kewirausahaannya yang dilakukan adalah dengan membuat produk vertiminaponik SUPERMI(Solusi usaha pasca pandemi). Lomba dilaksanakan melalui beberapa tahap yakni, Seleksi tahap I (Administartif), Seleksi Tahap I (Finalis), dan Presentasi. Penjurian dan Presentasi Online dilaksanakan pada 25 Februari 2023. Dari lomba LIKMI#2 tahun 2023 Zaka Syarof bersama tim menyabet juara harapan 3.

Dekan FPIK Berperan aktif dalam “Seminar penjaringan masukan Visi RPJPN 2025-2045: Negara Maritim yang Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan” yang diselenggarakan Bappenas

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Unsoed  Dr. Endang Hilmi, S.Hut., M.Si turut berpartisipasi pada agenda “Seminar penjaringan masukan Visi RPJPN2025-2045: Negara Maritim yang Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan” yang diselenggarakan oleh Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI (Bappenas) bersama 22 Perguruan Tinggi lainnya diantaranya FPIK IPB, FPIK Unpad, FPIK Undip, FPIK Brawijaya, FPIK papua, FPIK Pattimura, FPIK Hasanuddin dan lainnya, termasuk Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian PPN/ Bappenas, Kementerian/Lembaga, Asosiasi/Usaha/Himpunan, NGO terkait. Acara Seminar tersebut diselanggarakan pada Senin, 20 Maret 2023, Ruang DH 1-5 Kementerian PPN/ Bappenas, Jl. Taman Suropati No 2A, Menteng, Jakarta Pusat.

Tujuan diselenggarakannya Seminar ini adalah (1.) Menyampaikan visi RPJPN 2025-2045: Negara Maritim yang Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan; (2.) Mengidentifikasi isu-isu pembangunan nasional terkait pembangunan kemaritiman untuk RPJPN 2025-2045.

Penyambutan dan Pelepasan Mahasiswa MBKM Magang Jepang & BRIN

Bentuk implementasi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dilaksanakan oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Jenderal Soedirman (FPIK UNSOED) melalui Kegiatan MBKM khususnya Magang. BKP (Bentuk Kegiatan Pembelajaran) Magang sebagai salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi strategi untuk membentuk nuansa diversity selama Mahasiswa melaksanakan perkuliahan. Pada BKP MBKM Magang ini, Mahasiswa diberikan kesempatan untuk berpeluang yang lebih besar untuk diterima sebagai karyawan di tempat magang, pengalaman kerja yang berharga setelah lulus dari Universitas, pengetahuan tentang praktik terbaik dalam industri dan sektor yang diminati serta jaringan dan hubungan dalam industri tempat Magang.

PELEPASAN CALON WISUDAWAN / WISUDAWATI PERIODE 148 FPIK UNSOED

[13/03/2023] Dalam rangka wisuda ke-148 periode Maret 2023, FPIK telah melaksanakan pelepasan calon wisudawan/wati pada Senin, 13 Maret 2023. Pelaksanaan pelepasan dibuka oleh Dekan FPIK UNSOED Dr. Endang Hilmi, S.Hut., M.Si., dan dihadiri oleh segenap civitas akademika FPIK Unsoed, orang tua/wali mahasiswa, serta calon wisudawan/wati.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudara Alfii, kemudian acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Untuk Periode Maret 2023 FPIK Unsoed melepas Calon Wisudawan/wati sejumlah  4 orang Magister, yang terdiri dari 1 wisudawan dan 3 wisudawati dengan lulusan terbaik atas nama Rita Eka Rosita, M. Si, Saprudin, M. Si, Desy Anjaryani, M. Si dengan perolehan IPK sebesar 4,00 dan lulusan tercepat atas nama Saprudin, M. Si dengan lama studi 2 tahun, 3 bulan.

Untuk jenjang Sarjana melepas 35 Calon Wisudawan/wati dengan jumlah 20 wisudawan dan 15 wisudawati. Lulusan terbaik S1 atas nama Deny Rozaqul Muis, S. Kel dengan perolehan IPK 3,86 dan lulusan tercepat S1 atas nama Rohmatun Khasanah, S. Pi dengan lama studi 4 tahun, 4 bulan.

Kerjasama FPIK Unsoed & FPK UNRI

Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi dalam mendukung program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dilaksanakan oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Jenderal Soedirman (FPIK UNSOED) melalui penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau (FPK UNRI) pada Jum’at 9 Maret 2023.

 

Penandatanganan PKS tersebut dilaksanakan oleh Dekan FPIK UNSOED, Dr. Endang Hilmi, S.Hut., M.Si  dengan Dekan FPK UNRI,  Prof. Dr. Ir. Rifardi., M.Sc. Penandatanganan perjanjian kerjasama para Pimpinan Fakultas ini saling berkomitmen untuk meningkatkan hubungan kemitraan antar Perguruan Tinggi dalam rangka mendukung Kegiatan MBKM khususnya Pertukaran Pelajar.  BKP (Bentuk Kegiatan Pembelajaran) Pertukaran Pelajar sebagai salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi strategi untuk membentuk nuansa diversity selama Mahasiswa melaksanakan perkuliahan. Pada BKP MBKM Pertukaran Pelajar ini, Mahasiswa diberikan kesempatan untuk meningkatan pengetahuan dan keterampilan yang belum diperoleh selama melaksanakan perkuliahan di Program Studinya.

Kegiatan FP2TPKI Dekan

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNSOED, Dr. Endang Hilmi, S.Hut., M.Si menghadiri dan berperan serta dalam agenda pertemuan Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia (FP2TPKI) selama dua hari tanggal 9-10 Maret 2023 di Hotel Beston Palembang dan di Embung Universitas Sriwajaya kampus Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. FP2TPKI merupakan forum komunikasi Pimpinan perguruan tinggi se-Indonesia yang memiliki Program studi Perikanan dan Ilmu kelautan. FP2TPKI diagendakan untuk mengadakan pertemuan sebanyak dua kali dalam setahun. Pada pertemuan tersebut dihadiri lebih dari 100 orang peserta yang berasal dari 90 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia yang memiliki Jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan, mulai dari Aceh hingga Papua. Pengarah FP2TPKI/ Rektor Institut Teknologi Kelautan Buton yakni Prof. Ir. H. La Sara, M.Sc, Ph.D., dengan Sekretaris FP2TPKI Prof. Ir. Tri Winarni Agustini, M.Sc, Ph.D (Dekan FPIK Universitas Diponegoro). Pada pertemuan tersebut juga turut dihadiri Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H, M.M, dan Rektor Universititas Sriwijaya  Prof. Dr. Ir. H.

UTS_JADWAL 202220232

 
 
 

Contact us

Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan
Universitas Jenderal Soedirman
Jl. Dr. Soparno, Komplek GOR Soesilo Soedarman
Karangwangkal Purwokerto 53122

Telp/fax: (0281) 642360
email : fpik.unsoed@gmail.com
 

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.