Fasilitas Perpustakaan FPIK

Untuk mendukung pelaksanaan perkuliahan dan penelitian dosen dan mahasiswa, disediakan fasilitas Pusat Informasi Ilmiah (PII) di FPIK UNSOED. Berbagai koleksi pustaka dari mulai Jurnal Nasional, Internasional, Buku Pustaka dan Laporan Skripsi mahasiswa tersedia di PII. Layanan PII juga terkoneksi dengan Jaringan Perpustakaan Pusat melalui Sistem Informasi Perpustaan (Senayan) sehingga akan memudahkan pengguna dalam mencari pustaka yang dibutuhkan. PII juga menyediakan fasilitas ruang baca yang sangat representatif sehingga memungkinkan pengguna belajar dengan nyaman. Disamping itu, PII melalui jaringan Perpustaakn Pusat telah berlangganan beberapa jurnal internasional sehingga memungkinkan pengguna untuk mengupdate pengetahuan terkini sesuai bidang yang dibutuhkan. PII terletak di gedung A Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Sebagaimana perpustakaan perguruan tinggi lain, koleksi Perpustakaan Jurusan Perikanan dan Kelautan Universitas Jenderal Soedirman dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, baik yang diterima melalui pembelian dengan dana DIPA dan hadiah. Perpustakaan Jurusan Perikanan dan Kelautan sudah berbasis web dalam pengelolaanya, bisa diakses melalui alamat http://lib.unsoed.ac.id. Adapun jenis koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan Jurusan Perikanan dan Kelautan Fakultas Sains dan Teknik Universitas Jenderal Soedirman adalah sebagai berikut:

Koleksi Umum (sirkulasi)

Koleksi umum (sirkulasi) adalah koleksi yang bersifat umum, meliputi berbagai disiplin ilmu, dan berbahasa Indonesia, Inggris, maupun bahasa asing lainnya.

Koleksi ini dapat dipinjam oleh pengguna untuk dibawa pulang dengan syarat:

    1. Datang sendiri

    2. Menunjukkan kartu keanggotaaa perpustakaan

Jumlah koleksi yang dapat dipinjam 3 eksemplar dengan jangka waktu pinjam 1 (satu) minggu). Khusus dosen jangka waktu pinjam 2 (dua) minggu. Jika dikehendaki untuk memperpanjang jangka waktu pinjam, maka koleksi bisa diperpanjang untuk paling lama 2 (dua) kali periode peminjaman, dengan syarat buku yang akan diperpanjang dibawa untuk diproses petugas

 

Koleksi Referensi

Koleksi referensi adalah koleksi rujukan. Karena sifatnya, koleksi reference ini tidak dibaca seluruhnya oleh pengguna, hanya diambil informasi yang diinginkan saja.

Koleksi ini meliputi : kamus, ensiklopedia, manual, almanak, buku tahunan, atlas, direktori, data statistik, peraturan/undang-undang, dan biografi.

Ciri utama koleksi ini adalah terdapat huruf R di atas nomor klasifikasinya.

Koleksi referensi hanya dibaca di tempat atau difotokopi. Sedangkan penempatan koleksi ini di lantai satu sebelah utara.

 

Koleksi Skrisi/Thesis

Koleksi thesis/skripsi merupakan karya ilmiah akhir mahasiswa dalam menyelesaikan studinya.Koleksi ini diberi kode S untuk skripsi dan TH untuk thesis di atas nomor.

Koleksi ini hanya bisa dibaca di tempat. Koleksi Karya Fakultas Sains dan Teknik Universitas Jenderal Soedirman

Koleksi Karya Universitas Jenderal Soedirman merupakan kumpulan tulisan yang berupa buku yang dihasilkan oleh para tenaga pengajar UNSOED maupun Fakultas yang meliputi hasil penelitian, seminar, keputusan, pidato, pedoman, laporan, buku text, dll.

 

Koleksi Terbitan Perguruan Tinggi

Yang dimaksud terbitan perguruan tinggi adalah terbitan yang dihimpun melalui sumbangan dari perguruang tinggi lain, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, yang meliputi : penelitian, hasil seminar, keputusan, pidato dan laporan.

 

Koleksi Terbitan Berkala/Serial/Journal

Terbitan berkala adalah terbitan berseri, baik bersifat ilmiah atau populer yang diterbitkan oleh organisasi profesi maupun badan swasta atau pemerintah, baik dalam maupun luar negeri.

Trending Topic

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.