Ekspedisi Himakel II

Gambar: 
Body: 

[fpik.unsoed.ac.id] Ekspedisi Himakel adalah salah satu program kerja terbesar Himakel yang merupakan bentuk field studi dan program final dalam satu periode kelompok studi. Topik penelitian dalam ekspedisi berkaitan dengan alga, lamun, avertebrata laut, ikan karang, dan pemetaan sumberdaya laut. Kegiatan dilakukan dalam bentuk identifikasi kekayaan bawah laut dengan pengambilan sampel dan parameter perairan laut. Ekspedisi Himakel II dilaksanakan pada tanggal 2-5 Agustus 2016 di Pulau Semak Daun, Pulau Gosong Balik Layar dan Pulau Karya di bagian SPTN Wilayah III Pulau Pramuka.

Ekspedisi II memiliki 3 agenda utama, yaitu; Pra-Ekspedisi adalah kegiatan pembekalan di kelas keilmuan Ekolatan; Ekspedisi adalah kegiatan untuk memperolehan data lapang; serta Pasca-ekspedisi kegiatan pengolahan data dan pembuatan paper ilmiah. Ekspedisi II juga melakukan Himakel Goes To School, dan kunjungan ke tempat konservasi penyu yang terdapat di Pulau Pramuka.

Kegiatan diawali dengan sampling untuk memperolehan data lapang yang dilaksanakan pada 2-4 Agustus 2016 1 di Pulau Semak Daun, Pulau Gosong Balik Layar dan Pulau Karya di bagian SPTN Wilayah III Pulau Pramuka. Teknis kegiatan sampling meliputi pembagian tim menjadi 4 berdasarkan jenis sampel, dan pembagian wilayah setiap pulau menjadi 4 stasiun berdasarkan arah mata angin. Keempat tim yaitu ; tim alga, tim lamun, tim karang dan tim pemetaan, setiap tim bekerja berdasarkan spesialisasinya untuk mendata; kerapatanlamun, kelimpahan alga, tutupan karang, penyakit karang, ikan karang serta memetakan sumber daya laut. Sedangkan pembagian 4 wilayah meliputi timur, selatan, barat dan utara pada tiap pulau. Lokasi pertama pengambilan sampel di pulau Semak Daun dilanjutkan ke pulau Gosong Balik Layar dan pulau Karya pada hari kedua dan ketiga.

 

Himakel Goes To School adalah kegiatan pengenalan tentang konservasi kepada sekolah. Bertepatan dengan perayaan Hari Konservasi Alam Nasional yaitu pada tanggal 10 Agustus, pada hari Jumat, 5 Agustus tim melaksanakan kegiatan Himakel Goes To School. Bertempat di SDN 02 Pulau Panggang Pagi tim melakukan pengenalan tentang konservasi penyu serta bahaya sampah dilaut. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan siswa pentingnya menjaga keseimbangan makhluk hidup di alam serta buruknya sampah dilautan. Masih banyaknya warga yang menggunakan telur penyu sebagai bahan konsumsi menjadi dasar pemilihan materi kegiatan.

Pasca-ekspedisi sendiri adalah rangkaian diseminasi baik ke pihak Balai Taman Nasional Kepulauan seribu Salemba dan pihak fakultas, pembuatan paper ilmiah, buletin dan film documenter mengenai rangkaian Ekspedisi Himakel II. Pembuatan Grand Design direncanakan peta acuan untuk melakukan Ekspedisi Himakel selanjutnya.

Why do we love the sea?

It is because it has some potent power to make us think things we like to think.

- Robert Henri.

Trending Topic

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.