Ekspedisi Himakel III di Gili Matra

Body: 

[Jumat,18/8/2017] Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HIMAKEL) Universitas Jenderal Soedirman telah melaksanakan Ekspedisi ke-III. Ekspedisi ditujukan untuk Mahasiswa aktif Ilmu kelautan Universitas Jenderal Soedirman. Ekspedisi ini dipimpin oleh M. Iqbal Kenedi yang merupakan mahasiswa angkatan 2015, adapun penanggung jawab kegiatan yaitu Ketua Umum Himakel, Damar Lazuardy dan Kaprodi Ilmu Kelautan yang juga Pembina HIMAKEL Dr. Amron S.Pi., M.Si.

Kegiatan ini mengusung tema Eksplorasi Ekosistem Laut dan Pemetaan di Gili Matra. Ekspedisi sendiri dilaksanakan pada tanggal 4 agustus 2017 sampai dengan 16 agustus 2017 yang bertempat di Gili Matra ( Gili Meno, Gili Air, Gili Trawangan). Kegiatan ini dilakukan dengan cara pengambilan sampel dan parameter perairan meliputi beberapa topik penelitian yaitu karang, alga, lamun dan pemetaan.

Tujuan yang ingin dicapai melalui ekspedisi ini yang paling utama adalah meningkatkan kemampuan mahasiswa Ilmu Kelautan untuk mengambil data lapangan. Selain itu diharapkan nantinya data dari lapangan yang telah diambil dapat menjadi sebuah karya tulis ilmiah seperti papper yang nantinya dapat meningkatkan produktivitas karya ilmiah untuk kampus maupun untuk mahasiswa itu sendiri. Selain itu laporan dari hasil ekspedisi ini sendiri nantinya akan dipaparkan dalam sebuah seminar hasil.

Rangkaian acara Ekspedisi ini sudah dimulai sejak dua bulan terakhir yang diawali dengan   berlangsungnya kelas keilmuan ekolatan, selanjutnya seminar proposal yang dilaksanakan pada tanggal 2 agustus 2017, serta pemberangkatan pada tanggal 4 agustus 2017 dan selesai pada tanggal 16 agustus 2017 malam, yang di dalam rangkaian acara tersebut terususun pembagian penelitian dari bidang karang, alga, lamun dan pemetaan serta sosialisasi terhadap sekolah yang terdapat di Gili Air.

Untung tim Karang yang terbagi Tim tutupan, disease, dan ikan karang berhasil menyelesaikan pengambilan sampel di Gili Meno, Gili Air dan Gili Trawangan. Untuk tim lamun berhasil menyelesaikan pengambilan sampel masing masing dua stasiun yaitu selatan dan utara dari Gili Air serta selatan dan utara Gili Trawangan. Untuk tim alga berhasil menyelesaikan pengambilan sampel lima stasiun yaitu selatan, utara dan barat dari Gili Air dan selatan, utara Gili Trawangan, serta  untuk tim pemetaan berhasil mendapatkan data 208 titik yang terdiri kumpulan dari titik Gili Meno, Gili Air, Gili Trawangan.

Setelah tercapainya pengambilan data dan sampel di tiga Gili, tim ekspedisi juga melakukan sosialisasi ke SDN 1 Gili Indah yang terletak di Gili Air, agar terciptanya jiwa semangat adik-adik terhadap kelestarian laut Indonesia dan mengetahui apa saja keragaman laut Indonesia serta apa perbedaan biota laut satu dengan yang lainya. Pengalaman yang didapat pada Ekspedisi III ini menjadi pengalaman yang luar biasa pasalnya keindahan yang sangat mengagumkan bisa kita nikmati di Gili Matra. Lombok, NTB.

 

Twitter  & instagram: @himakelunsoed

Website: www.himakel.org

Fb: Himakel Unsoed

Line: @ZVC6663U

Trending Topic

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.