MARLIN BIRU, ANGGOTA KELUARGA BARU BUDIDAYA PERAIRAN FPIK UNSOED

Body: 

  

Serangkaian proses penerimaan mahasiswa baru 2017 Prodi Budidaya Perairan tidak berhenti sampai di acara Makrab Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang telah dilakukan di Bumi Perkemahan Purbalingga pada tanggal 17 September 2017 lalu. Mahasiswa baru 2017 juga harus melalui serangkaian acara OSA dan Funstudy yang merupakan acara khusus yang dirancang oleh Prodi Budidaya Perairan. Rangkaian acara diawali dengan penyambutan mahasiswa dalam acara Open House Prodi Budidaya Perairan yang dilaksanakan pada Selasa,19 September 2017 di ruang Actinia Gd. A FPIK. Acara ini turut mengundang mahasiswa BDP dari berbagai angkatan, pengurus Himakua, dan dosen – dosen BDP. Selain menjadi ajang Technical Meeting OSA dan Funstudy, Open House ini juga disemarakkan dengan penampilan seni dari perwakilan kakak tingkat Prodi BDP.

        Rangkaian lain setelah Open House adalah OSA ( Orientation Skill of Aquaculture ) yang bertujuan untuk memperkenalkan keterampilan – keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pembudidaya. Acara ini digelar selama 5 hari yang mana tiap harinya diisi oleh materi dari Divisi Riset dan Pengembangan Akuakultur dari Himakua. Rangkaian OSA pertama dilaksanakan pada tanggal 29 September 2017 yang berisi tentang materi pembenihan dan pembesaran ikan dan praktek pemijahan buatan pada Ikan Lele dari Subdivisi Pembenihan dan Pembesaran. Sedangkan pada hari ke-2 OSA, mahasiswa baru  mendapatkan pengalaman dalam membuat Aquascape dan materi ornamental fish dari Subdivisi Ornamental Fish. Mahasiswa juga diajarkan cara membedah ikan dengan baik dan memeriksa kondisi kualitas air kolam pada hari ke-3 OSA dibawah bimbingan dari Subdivisi Hama dan Penyakit Ikan. Selain itu materi pembuatan pakan buatan dilaksanakan pada rangkaian hari ke-4 OSA oleh Subdivisi Pakan.

            Meskipun selama 4 hari pelaksanaan OSA tidak terlepas dari kondisi cuaca yang tidak bersahabat, namun antusiasme mahasiswa baru 2017 tetap tinggi. Mereka tidak segan untuk tetap turun ke lapangan dan kolam walau dalam kondisi gerimis. Berbagai pertanyaan juga mereka sampaikan terkait dengan materi yang telah diberikan oleh Divisi Riset dan Pengembangan Akuakultur. Pada hari ke-5 diberikan materi WOLF ( Work On Life Field ) yaitu penyuluhan seputar magang, kerja praktik, dan skripsi secara singkat, serta materi Betta : Aesthetic Fish yang mengenalkan macam – macam Ikan Cupang  sebagai basic dari acara besar tahunan Himakua yaitu Betta Contest Fair. Pada malam harinya digelar acara Clarias Party yaitu makan Ikan Lele bersama dengan pengurus Himakua secara lesehan di Hall A.

            Puncak acara OSA adalah Funstudy yang dilaksanakan di BBIAT Kutasari, Purbalingga pada Jum’at – Minggu, 6-8 Oktober 2017. Acara ini mengusung tema SUPERIOR : Skill Upgrading Education  and Orientation of Aquaculture .Sebanyak 51 mahasiswa baru 2017 berangkat bersama – sama dengan menggunakan truk menuju lokasi.Kegiatan ini turut mengundang himadan ukm di FPIK pada acara pembukaan. Selama 3hari pelaksanaan Funstudy mahasiswa baru diberi materi – materi terkait perkuliahan seperti keorganisasian, peran mahasiswa perikanan, Himakua, dan Himapikani. Pada hari kedua diadakan outbond yang mana tiap posnya berisi pengurus Himakua agar mahasiswa baru menjadi lebih dekat dengan kakak tingkat, serta melatih kesolidan mahasiswa baru.

Hari terakhir diisi dengan kegiatan kaderisasi, dan mahasiswa baru mendapatkan baju PDH sebagai simbol penerimaan mahasiswa baru sebagai anggota dari Himakua. Setelahnya dilakukan musyawarah untuk menentukan nama dan ketua angkatan mahasiswa baru 2017. Setelah diskusi panjang, “Makaira mazara” dipilih sebagai nama angkatan 2017 dengan ketua angkatan Moransyah Burhanudin. Serangkaian acara ini ditutup dengan kegiatan salam – salaman dan foto bersama. Rombongan lalu pulang ke Kampus FPIK pukul 15.00 WIB. Meskipun hujan mengguyur, Marlin Biru tetap semangat menyuarakan yel – yel angkatan mereka sepanjang jalan. Tiba di Kampus FPIK mahasiswa baru mendapatkan souvenir berupa Ikan Cupang (Betta sp.) yang nantinya dapat mereka pelihara sendiri. Serangkaian acara telah berakhir, lelah pastilah dirasakan oleh semua pihak, namun hal yang telah didapatkan selama OSA dan Funstudy tentulah membekas dan menjadi bekal bagi mahasiswa baru 2017. Selamat berproses Marlin Biru !

           

Cr : Humas Himakua

Trending Topic

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.