Delegasi FPIK UNSOED Mengikuti Konferensi MedNet di Marseille, Perancis

[fpik.unsoed.ac.id] Jumat, 12 Juni 2015 Marseille ¬– Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan kembali membuktikan eksistensinya di ajang internasional dengan berpartisipasi dalam konferensi dan summer school yang diselenggarakan pada 9 – 12 Juni 2015 di kota Marseille, Perancis. Konferensi yang diadakan oleh Universitas Aix Marseille, Perancis dalam sebuah program yang bernama MedNet yang bertemakan Littoral Méditerranéen et Vulnérabilité au Changement Global (The Mediterranean Coast and Its Vulnerability to Climate Change). Program MedNet ditujukan untuk mahasiswa program Master ilmu Lingkungan dari Universitas Aix-Marseille yang juga diikuti oleh sejumlah mahasiswa program Master dari berbagai universitas dan dari berbagai negara seperti Aljazair, Maroko, Mesir dan Tunisia.

Delegasi Indonesia komandoi oleh Dosen Program Studi Ilmu Kelautan-Unsoed, Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA dalam kapasitasnya sebagai Koordinator Pusat Studi Biosains Maritim beserta dua mahasiswi Ilmu Kelautan Dzikrina Nur Fatima dan Ilma Ridho Nurulhayati. Selain mereka, Dr. Ario Damar (IPB) dan Prof. Yusni Ikhwan Siregar (Universitas Riau) juga ikut sebagai salah satu narasumber pada Summer School tersebut. Konferensi tersebut menghadirkan Dosen dan Peneliti dari berbagai disiplin ilmu untuk mempresentasikan hasil studi mereka yang berhubungan dengan pengaruh pemanasan global terhadap berbagai aspek lingkungan dan kehidupan di sekitar laut Mediterania.

Pada 9 Juni 2015, tema yang dipresentasikan yaitu Les Scenarii du Changement Climatique Pour le Prochain Siécle (The Climate Change Scenarios For the Next Century). Selanjutnya, 10 Juni 2015 serangkaian hasil studi kembali dipersentasikan dibawah tema Résponse de la Biodiversité Marine aux Changement Globaux (Response by Marine Biodiversity to Global Change). Kamis, 11 Juni 2015, di bawah tema Biodiversité Littorale et Changements Globaux: Cas D’études en Tunisie/Indonésie (Coastal Biodiversity and Global Change: Case Studies From Tunisia / Indonesia), delegasi UNSOED dan Indonesia Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA mempresentasikan hasil studi kerjasama Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Unsoed dengan Pertamina UP IV Cilacap yang berjudul Segara Anakan Lagoon Biodiversity (Hotspot) Facing Natural and Human-Impacted Pressure. Presentasi tersebut berfokus pada masalah degradasi ekosistem mangrove di Segara Anakan dan penelitian bioremediasi dengan bakteri di lokasi yang sama. Konferensi ditutup pada 12 Juni 2015 dengan serangkaian presentasi dengan tema Tremblements de Terre et Mouvement Gravitaires (Earthquakes and Gravity Movement).

 
 
 

Contact us

Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan
Universitas Jenderal Soedirman
Jl. Dr. Soparno, Komplek GOR Soesilo Soedarman
Karangwangkal Purwokerto 53122

Telp/fax: (0281) 642360
email : fpik.unsoed@gmail.com
 

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.