HIMAKUA Juara Nasional Organisasi Kepemudaan Berprestasi

Himpunan Mahasiswa Akuakultur (HIMAKUA) Fakultas Perikanan dan Kelautan UNSOED sabet Juara 1 Tingkat Nasional Organisasi kepemudaan berprestasi.  Raihan membanggakan ini menjadi kado manis bagi UNSOED untuk terus berbicara di tingkat nasional sekaligus kado bagi Jurusan perikanan dan kelautan yang baru diresmikan menjadi Fakultas beberapa waktu lalu.  Adalah Saprudin ( Budidaya Perairan 2011), Wihandoko ( Budidaya Perairan 2011),  dan Adhityo Kusuma ( Budidaya Perairan 2011) mewakili HIMAKUA ke Ajang Perlombaan Organisasi Kepemudaan Berprestasi Tahun 2014 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI untuk mempresentasikan program Menginspirasi  Pemuda Indonesia, 18 Desember di Hotel Pitagiri, Jakarta Selatan.

Dari puluhan organisasi Se-Indonesia yang mengikuti lomba ini, hanya 9 Organisasi yang terpilih dari 3 kategori, yakni Kemasyarakatan, Kemahasiswaan, dan Komunitas. Walaupun HIMAKUA baru menginjak usia 4 tahun, tetapi mereka tetap optimis untuk bisa memberikan yang terbaik.

Dengan Penyampaian presentasi yang baik membuat juri terpukau dengan program budidaya ikan lele dengan teknologi bioflok yang diselenggarakan oleh Himakua Unsoed yang bekerjasama dengan UPK Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen. Himakua Unsoed meraih juara 1 Organisasi Kepemudaan Berprestasi Berbasis Mahasiswa Tingkat Nasional Tahun 2014. Sedangakan Juara 2 dan 3 diraih oleh Marching Band Udayana Bali dan FKMB (Forum Komunikasi Mahasiswa Betawi ).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Himakua Unsoed dengan  Tema “Pelatihan Budidaya Ikan Lele Dengan Teknologi Bioflok”, berhasil dalam menarik minat masyarakat untuk melakukan budidaya ikan lele dengan teknologi bioflok. Latar belakang diselenggarakannya kegiatan ini yaitu merealisasikan Tri Darma Perguruan Tinggi, Peningkatan teknologi dalam bidang akuakultur, dan mengimplementasikan MDGs Program.  “Target dari kegiatan kami adalah Ibu rumah tangga dari keluarga menengah kebawah. Adapun kegiatan ini diselenggarakan di tiga Desa yaitu Desa Serut, Desa Bendungan, dan Desa Kuwaru kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen Jawa Tengah,” ungkap Saparudin salah satu anggota tim. Mereka berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini akan membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan peningkatan pengetahuan maupun keterampilan.

Atas prestasinya ini HIMAKUA UNSOED berhak membawa Piala Sugondo Djojopusito Awards dan akan mewakili Indonesia di ajang TAYO (Ten Accomplish Youth Organization) ASEAN Tahun 2015.

(sumber : unsoed.ac.id)

Trending Topic

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.