FPIK UNSOED menyelenggarakan Workshop Lokakarya Kurikulum menggunakan acuan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan pendekatan Outcome Based Education (OBE) didampingi Narasumber yang berkompeten

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNSOED mengadakan agenda workshop lokakarya Kurikulum, baik untuk Pogram studi S1maupun S2. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 tahun 2023 mengenai Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Bahwa dalam Standar Nasional Pendidikan menjadi acuan dalam menyusun evaluasi kurikulum.Pada unit Pelaksana standar pengelolaan dilakukan oleh Unit Pengelola Program Studi dan Perguruan Tinggi, diwajibkan untuk melakukan kegiatan pemantauan dan evaluasi secara periodik dalam rangka menjaga dan meningkatkan mutu proses Pembelajaran.

Evaluasi kurikulum bertujuanuntuk perbaikan keberlanjutan dalam pelaksanaan kurikulumyang dilakukan secara berkala tiap 4 – 5 tahun, disesuaikan dengan perubahan di dunia kerja pada era saat ini, untuk rekonstruksi menyesuaikan kompetensi yang diharapkan Program Studi, kebutuhan pasar, penelurusan tracer studydan masukan dari stakekolder.  Hal tersebut FPIK wujudkan dengan melibatkan pemangku kepentingan internal dan eksternal, serta direview oleh pakar bidang ilmu program studi, industri, asosiasi, serta sesuai perkembangan IPTEKS dan kebutuhan pengguna. Pengendalian pelaksanaan kurikulum dilakukan setiap semester dengan indikator hasil pengukuran ketercapaianCapaian Pembelajaran Lulusan(CPL).Adapun  kurikulum yang dievaluasi pada kesempatan kali ini merupakan Kurikulum Program studi  tahun 2018 sebagai hasil evaluasi kurikulum pada tahun 2014.

Agenda lokakarya kurikulum FPIK diselenggarakan pada 26 - 27 Oktober 2023, dihadiri oleh jajaran Dekanat dan seluruh Dosen FPIK, dengan ketua pelaksana  Prof. Dr. Ir. P Hary Tjahja Soedibya, MS bertempat di Aula Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Dr. Endang Hilmi, S.Hut, M.Si, dilanjutkan paparan mengenai evaluasi kurikulum oleh Sekretaris LP3M Unsoed, Dr. Wisnu Widjanarko, M.Si

Agar setiap Program Studi lebih fokus dalam penyusunan evaluasi kurikulum, agenda dilanjutkan pendampingan dengan melibatkan Narasumber yang berkompeten dalam kajian Kurikulum yang dilaksanakan secara pararel. Adapun Narasumber yang terlibat dalam pendampingan 3 Program Studi S1 dan 2 Program Studi S2 di FPIK adalah sebagai berikut : Prof Djumanto (Indonesia Assosiation of Aquatic Resources Management, INASARM) untuk Prodi S1 Manajemen Sumberdaya Perairan; Dr. Susilo Budi Priyono, M.Sc (Asosiasi Program Studi Budidaya Perairan Indonesia) untuk Prodi S1 Akuakultur; Ir. Aida Sartimbul, M.Sc., Ph.D (Ikatan Sarjana Oseanografi Indonesia) untuk Prodi S1 Ilmu Kelautan, Prof Ambariyanto, M.Sc., Ph. D (National Coordinator of UI Greenmetric World University Ranking Network, UIGWURN) pada prodi S2 Ilmu Kelautan dan Prof. Dr. Alim Isnansetyo, M.Sc (Asian Fisheries Society, ASEAN FEN).

Para Narasumber memberikan masukan bahwaevaluasi kurikulum berdasarkan SN-Dikti menggunakan acuan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) sebagailandasan utamanyadan Kurikulum Pendidikan Tinggi yang akandikembangkan berdasarkan SN-Dikti sebaiknyamenggunakan pendekatan Outcome Based Education (OBE)yang diselaraskan dengan kebijakan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Mengajar) untuk dapat diterapkan. Hasil evaluasi  kurikulum tersebut, semoga segera dapat diberlakukan pada TA 2024 oleh setiap Program Studi di FPIK. (Humas_Red).

 
 
 

Contact us

Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan
Universitas Jenderal Soedirman
Jl. Dr. Soparno, Komplek GOR Soesilo Soedarman
Karangwangkal Purwokerto 53122

Telp/fax: (0281) 642360
email : fpik.unsoed@gmail.com
 

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.