Kegiatan FP2TPKI Dekan

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNSOED, Dr. Endang Hilmi, S.Hut., M.Si menghadiri dan berperan serta dalam agenda pertemuan Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia (FP2TPKI) selama dua hari tanggal 9-10 Maret 2023 di Hotel Beston Palembang dan di Embung Universitas Sriwajaya kampus Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. FP2TPKI merupakan forum komunikasi Pimpinan perguruan tinggi se-Indonesia yang memiliki Program studi Perikanan dan Ilmu kelautan. FP2TPKI diagendakan untuk mengadakan pertemuan sebanyak dua kali dalam setahun. Pada pertemuan tersebut dihadiri lebih dari 100 orang peserta yang berasal dari 90 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia yang memiliki Jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan, mulai dari Aceh hingga Papua. Pengarah FP2TPKI/ Rektor Institut Teknologi Kelautan Buton yakni Prof. Ir. H. La Sara, M.Sc, Ph.D., dengan Sekretaris FP2TPKI Prof. Ir. Tri Winarni Agustini, M.Sc, Ph.D (Dekan FPIK Universitas Diponegoro). Pada pertemuan tersebut juga turut dihadiri Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H, M.M, dan Rektor Universititas Sriwijaya  Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, M.SCE, ASEAN Eng serta para tamu undangan dari berbagai instansi terkait.

Pertemuan FP2TPKI kali ini mengusung tema “Penguatan Pembangunan Perikanan dan Kelautan melalui Penguatan Program Studi” membahas mengenai berbagai isu penting bidang Perikanan dan Kelautan khususnya dukungan Perguruan Tinggi terhadap kebijakan Nasional untuk pembangunan Perikanan dan Kelautan, pemantapan kurikulum Program studi dalam mendukung program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), penguatan Program Studi untuk dapat mencapai akreditasi unggul dan akreditasi internasional, penulisan buku pembangunan Perikanan dan Kelautan, pembentukan forum Program Studi, dan pembahasan Lembaga Akreditasi Mandiri Perikanan dan Ilmu Kelautan (LAM-PIK). 

Pada hari kedua kegiatan FP2TPKI melakukan tabur 10 ribu bibit ikan di Embung Universitas Sriwijaya kampus Indralaya seluas 50 Ha yang berlokasi di Kampus Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Jenis bibit ikan yang ditabur adalah ikan tembakang, gabus, sepat, sepatung, palau jelawat, betutu, selincah, belut, betok, patin, kalikalang, tawes, dan udang galah.Diharapkan luaran pertemuan forum pimpinan perguruan tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia ini dapat menghasilkan rekomendasi yang baik khususnya di bidang Perikanan dan Ilmu Kelautan dengan mempersiapkan SDM yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,  pembangunan serta kebutuhan industri. (RD_red).

 
 
 

Contact us

Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan
Universitas Jenderal Soedirman
Jl. Dr. Soparno, Komplek GOR Soesilo Soedarman
Karangwangkal Purwokerto 53122

Telp/fax: (0281) 642360
email : fpik.unsoed@gmail.com
 

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.