Mahasiswa IKL UNSOED Melakukan Kerja Praktek di Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang

Bentuk realisasi Perjanjian Kemitraan antara FPIK Unsoed dengan Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang yaitu dengan tersedianya dukungan data, sarana prasarana dan pendampingan lapangan/kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), serta dalam penyusunan tugas akhir mahasiswa. Program Studi Ilmu Kelautan selanjutnya mendukung realisasi Perjanjian Kemitraan tersebut dengan dilaksanakannya Kegiatan Kerja Praktek 5 orang mahasiswa angkatan 2020 yaitu: Akmalia Azifah, Swietenia Purnamasari, Cherokee Mikha, Aulia Choirunnisa, dan Satria Du-Fay untuk dilaksanakan di  BKKPN Kupang wilayah kerja TNP Laut Sawu Kupang pada tanggal 13 Januari hingga 5 Februari 2023.

Kajian Kerja Praktek yang diikuti oleh 5 orang mahasiswa ini meliputi: Analisis Kondisi Budidaya Rumput Laut Merah (Kappaphycus striatum); Identifikasi Jenis, Komposisi dan Kondisi Tutupan Lamun; Menghitung Persentase Tutupan Karang; Identifikasi Jenis dan Kerapatan Mangrove; serta Analisis Jenis dan Kepadatan Makroplastik di Kawasan Konservasi TNP Laut Sawu. Kajian tersebut dibawah bimbingan Dosen Prodi Ilmu Kelautan Dr. Rose Dewi, Dr. Tjahjo Winanto dan Dr. Hartoyo. Bentuk kerjasama ini juga tercermin dari kolaborasi proses pembimbingan mahasiswa tersebut, dimana untuk dukungan pembimbing lapang berasal dari SDM BKKPN Kupang. 

Selain data kerja praktek yang diperoleh, mahasiswa juga mendapatkan diversifikasi kajian keilmuan lainnya dari bidang Perikanan Kelautan diantaranya mengikuti monitoring ekosistem lamun dan mangrove; mengolah data terumbu karang menggunakan software CPCe; mengukur tingkat kematangan gonad dan morfometrik ikan, pembuatan peta lokasi penelitian menggunakan software QGIS, dan pembuatan herbarium flora laut hingga mempelajari kearifan lokal Kabupaten Kupang yakni Lilifuk/Niful Loles yang merupakan suatu kebiasaan masyarakat yang mencadangkan suatu area tertentu pada wilayah perairan desa dengan hanya mengizinkan operasi penangkapan ikan dua kali dalam satu tahun. Besar harapan kedepan realisasi bentuk kerjasama ini dapat lebih banyak diminati oleh mahasiswa baik dalam kegiatan MBKM maupun penyusunan tugas akhirnya. (RD_red)

 
 
 

Contact us

Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan
Universitas Jenderal Soedirman
Jl. Dr. Soparno, Komplek GOR Soesilo Soedarman
Karangwangkal Purwokerto 53122

Telp/fax: (0281) 642360
email : fpik.unsoed@gmail.com
 

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.