Penyambutan dan Pelepasan Mahasiswa MBKM Magang Jepang & BRIN

Bentuk implementasi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dilaksanakan oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Jenderal Soedirman (FPIK UNSOED) melalui Kegiatan MBKM khususnya Magang. BKP (Bentuk Kegiatan Pembelajaran) Magang sebagai salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi strategi untuk membentuk nuansa diversity selama Mahasiswa melaksanakan perkuliahan. Pada BKP MBKM Magang ini, Mahasiswa diberikan kesempatan untuk berpeluang yang lebih besar untuk diterima sebagai karyawan di tempat magang, pengalaman kerja yang berharga setelah lulus dari Universitas, pengetahuan tentang praktik terbaik dalam industri dan sektor yang diminati serta jaringan dan hubungan dalam industri tempat Magang.

Untuk merealisasikan tujuan tersebut, FPIK Unsoed bekerjasama dengan International Relations Office (IRO Unsoed) mengirimkan sejumlah Mahasiswa  untuk mengikuti Program Magang di Hokkaido Jepang, diantaranya pada Perusahaan Abe Hideyuki, Uchiumi Hiroyasu, Maruya Suisan, Koyama Gyogyo, Kanemi Shibuta dan Yamagen Suisan. Tercatat pada semester Genap 2021/2022 sejumlah 20 Mahasiswa dan pada semester Gasal 2022/2023 sejumlah 6 orang Mahasiswa telah menyelesaikan program tersebut. Termasuk juga sejumlah Mahasiswa telah mengikuti kegiatan Magang pada BRIN dan Magang Industri dalam negeri sebanyak 14 orang Mahasiswa. Adapun Mahasiswa yang telah selesai mengikuti BKP Magang tersebut, terdistribusi berasal dari Program Studi S1 Manajemen Sumberdaya Perairam, Budidaya Perairan dan Ilmu Kelautan.

Untuk mengapresiasi Mahasiswa yang telah menyelesaikan kegiatan Magang tersebut, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Dr. Endang Hilmi, S.Hut., M.Si memberikan Piagam Penghargaan. Agenda seremonial penyerahan penghargaan untuk para Mahasiswa Magang dilaksanakan pada Kamis, 16 Maret 2023 dengan turut didampingi I Wayan Budiana, S.Kom (Koordinator Pengembangan Kemahasiswaan & Alumni, mewakili Wakil Rektor III Unsoed Bidang Kemahasiswaan dan Alumni); Dr. Tjahjo Winanto, M.Si (Wakil Dekan III FPIK Bidang Kemahasiswaan dan Alumni), Tim MBKM FPIK dan Para Koordinator Program Studi serta Sub. Koordinator umum dan keuangan. Pada kesempatan yang sama, Dekan FPIK juga secara resmi melepaskan Mahasiswa yang akan mengikuti Magang Jepang maupun Magang BRIN pada semester Genap 2022/2023 yang sedang berjalan. Kedepan diharapkan akan semakin meningkat, minat Mahasiswa untuk mengikuti salah satu Program MBKM dengan BKP Magang ini, dengan banyaknya manfaat yang dapat diterima oleh Mahasiswa. (RD_red).

 
 
 

Contact us

Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan
Universitas Jenderal Soedirman
Jl. Dr. Soparno, Komplek GOR Soesilo Soedarman
Karangwangkal Purwokerto 53122

Telp/fax: (0281) 642360
email : fpik.unsoed@gmail.com
 

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.