PKS FPIK & BKKPN Kupang

Telah dilaksanakan Perjanjian Kemitraan antara FPIK Unsoed dengan Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang. Penandatangan kemitraan  dilaksanakan oleh Dr. Endang Hilmi, S.Hut., M.Si selaku Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Jenderal Soedirman dengan Imam Fauzi, S.S., M.Eng selaku Kepala Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikananpada hari Kamis 23 Februari 2023.

Tujuan Perjanjian Kemitraan ini untuk mendukung pengelolaan kawasan konservasi dan sumber daya kelautan dan perikanan melalui kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun Ruang lingkup Perjanjian Kemitraan ini meliputi: penguatan kapasitas sumber daya manusia; kajian dalam pengelolaan kawasan konservasi; dan pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan konservasi.

Kemanfaatan yang dapat diperoleh program kemitraan tersebut diantaranya tersedianya dukungan narasumber dan dosen tamu pada kuliah tamu/kuliah umum terkait pengelolaan kawasan konservasi; tersedianya dukungan data, sarana prasarana dan pendampingan lapangan/kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)/serta dalam penyusunan tugas akhir Mahasiswa; Termanfaatkannya Hasil Penelitian Dosen FPIK guna pengelolaan kawasan konservasi; Terjalinnya kolaborasi kajian bersama terkait pengelolaan kawasan konservasi; tersedianya lokasi dan sarana prasarana untuk kegiatan Dosen dan Mahasiswa dalam rangka pengabdian masyarakat; dan tersedianya data kelompok masyarakat yang memerlukan pendampingan untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat FPIK Unsoed.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan paparan Materi oleh Dekan FPIK, Dr. Endang Hilmi, S.Hut., M.Si dengan judul “Sinergitas Stakeholder dalam Penyediaan Data dan Informasi Pengelolaan kawasan konservasi mangrove dan pesisir yang berkelanjutan”. Antusiasme dari Pihak Mitra sangat tinggi, ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang hadir, menjadikan diskusi materi menjadi lebih semarak. Besar harapana realisasi kerjasama yang telah disepakati bersama, kedepan dapat memberikan kemanfaatan bagi kedua belah pihak. (RD_red)

 
 
 

Contact us

Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan
Universitas Jenderal Soedirman
Jl. Dr. Soparno, Komplek GOR Soesilo Soedarman
Karangwangkal Purwokerto 53122

Telp/fax: (0281) 642360
email : fpik.unsoed@gmail.com
 

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.