February 2023

WORKSHOP PENYUSUNAN KURIKULUM 2023 PROGRAM STUDI SARJANA ILMU KELAUTAN UNSOED

Proses perumusan Kurikulum 2023 PS Ilmu Kelautan

Dalam rangka pengembangan Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Jenderal Soedirman evaluasi kurikulum menjadi penting untuk dilakukan. Tahun 2023 menjadi tahun diberlakukannya kurikulum baru melalui pengembangan kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Penyusunan ini merupakan serangkaian acara yang mana tahap awal perumusan telah dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2023 di The Soeds Coffee Eats & Spaces, Purwokerto. 

Kegiatan ini diawali dengan perumusan visi misi program studi. Visi misi kemudian diturunkan dengan membentuk profil lulusan yang ingin diciptakan program studi guna mencetak sarjana ilmu kelautan yang unggul, kompeten dan mampu bersaing dikancah global. Tentunya dalam perumusan profil lulusan program studi yang tepat perlu memperhatikan masukan dari pihak stakeholder internal maupun eksternal. Untuk menyokong kualitas profil lulusan yang unggul, maka dirumuskanlah capaian profil lulusan, capaian pembelajaran mata kuliah dan kerangka struktur kurikulum. 

Mahasiswa IKL UNSOED Melakukan Kerja Praktek di Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang

Bentuk realisasi Perjanjian Kemitraan antara FPIK Unsoed dengan Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang yaitu dengan tersedianya dukungan data, sarana prasarana dan pendampingan lapangan/kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), serta dalam penyusunan tugas akhir mahasiswa. Program Studi Ilmu Kelautan selanjutnya mendukung realisasi Perjanjian Kemitraan tersebut dengan dilaksanakannya Kegiatan Kerja Praktek 5 orang mahasiswa angkatan 2020 yaitu: Akmalia Azifah, Swietenia Purnamasari, Cherokee Mikha, Aulia Choirunnisa, dan Satria Du-Fay untuk dilaksanakan di  BKKPN Kupang wilayah kerja TNP Laut Sawu Kupang pada tanggal 13 Januari hingga 5 Februari 2023.

Tabur Benih Ikan (Restocking) di Desa Pandak, Baturraden-Peringatan Hari Air Sedunia 2023

Restocking Ikan oleh Kepala Desa Pandak

Restocking ikan merupakan penebaran benih ikan spesies asli yang bertujuan untuk menjaga kelestarian spesies tersebut. Restocking merupakan upaya peningkatan pemanfaatan sumberdaya perairan dan kelestarian lingkungan. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan HIMANERA sebagai rangkaian Peringatan Hari Air Sedunia (PARI) 2023. Pada tahun ini, Restocking ikan dilakukan di Bendungan Pandak Adventure Desa Pandak, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas pada Minggu 26 Februari 2023 yang bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas dan Balai Benih Ikan (BBI) Pandak. Benih ikan yang ditaburkan adalah ikan tawes sebanyak 5000 benih. Kegiatan tersebut diawali dengan sosialisasi restocking ikan oleh ibu Rika Prihati Cahyaning Pertiwi, S.Pi., M.Si. kepada kelompok masyarakat nelayan sungai dan pecinta sungai dan dihadiri pula oleh Ibu Sesilia Rani Samudra, S.Pi., M.Si. selaku Korprodi Manajemen Sumberdaya Perairan, Bapak Muslih, S.Pi., M.Si. selaku pembina HIMANERA,  Dr. Maria Dyah Nur Meinita, S.Pi., M.Sc.

Sosialisasi Gemarikan & Resik Pantai-Peringatan Hari Air Sedunia 2023

Resik Pantai

Sosialisasi Gemarikan & Resik Pantai yang merupakan rangkaian acara Peringatan Hari Air Sedunia (PARI) 2023 telah dilaksanakan oleh  Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (HIMANERA) dengan ketua Panitia Fernanda Ghoni Wisam (Ketua PARI 2023). Kegiatan dilaksanakan di Pantai Cemara Sewu Kabupaten Cilacap pada Sabtu, 11 Februari 2023 dengan tema "Meningkatkan Pendayagunaan Sumber daya Perairan dengan Bijak Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Demi Terwujudnya Perairan yang Lestari". Kegiatan terebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait manfaat konsumsi ikan dan penyuluhan diversifikasi olahan ikan. Penyuluhan diberikan oleh Ibu Sesilia Rani Samudra, S.Pi., M.Si. yang dihadiri pula oleh Ibu Adinda Kurnia Putri., S.Pi. M.Si.  Peserta penyuluhan merupakan masyarakat Desa Jetis dan dihadiri pula oleh para Pengelola Pantai Cemara Sewu diantaranya adalah  Wiji Sudaryo, Sukino, dan Ngadimin. Kedepannya melalui kegiatan ini, tidak hanya gizi masyarakat yang mengalami peningkatan tetapi juga kesejahteraan melalui olahan ikan yang dapat dijadikan sebagai ladang usaha.

Gana Anggraito Halimi, Alumni Prodi Akuakultur UNSOED yang sukses berkarir di Negara Sakura, Jepang

Gana Anggraito Halimi merupakan alumni Prodi Akuakultur 2016 yang sukses meniti karir di Kobayashi Fisheries Department, Jepang. Gana, membagikan pengalamannya sebagai seorang pembudidaya kerang di Jepang, hingga memberikan saran dan pesan sebagai alumni Akuakultur kepada mahasiswa/i akuakultur saat ini.
Apa alasan Gana memutuskan bekerja di Jepang?
Untuk alasan saya kerja di jepang karena memang ada minat ke negara ini dari segi budaya teknologi dan ilmu yang saya harap bisa saya ambil untuk kedepannya bekal saya jika ingin mendirikan budidaya sendiri di Indonesia.
Tahapan yg Gana lalui sampai akhirnya sampai di Jepang, seperti pelatihan dll
Tahapannya yang pertama belajar bahasa di LPK selama kurang lebih 7 bulan, setelah itu sertifikasi bahasa tingkat N4 (standar minimal rata-rata untuk bekerja di Jepang) kemudian sertifikasi perikanan berbahasa jepang, baru setelah itu interview kerja yang disalurkan lewat LPK.
Apa saja hal yg menyenangkan selama bekerja di Jepang?

PEMAPARAN RPS (RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER) PRODI AKUAKULTUR UNTUK PERSIAPAN PERKULIAHAN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2022/2023

Gugus Kendali Mutu (GKM) Prodi Akuakultur melaksanakan monitoring dan evaluasi mutu pengajaran prodi, salah satunya dengan kegiatan pemaparan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 10 Februari 2023 pada pukul 09.00 WIB. Kegiatan monitoring dan evaluasi RPS dipimpin oleh ketua GKM Prodi Akuakultur, Bapak Rudy Wijaya, S.Pi.,M.Si, yang dihadiri oleh seluruh dosen – dosen prodi Akuakultur.

CALL FOR PAPER (JURNAL MAIYAH)

CALL FOR PAPER

 

Bapak/Ibu yang kami hormati,

 

Dewan redaksi Jurnal MAIYAH mengundang segenap akademisi dan peneliti untuk memberikan kontribusi pemikiran dalam bentuk naskah guna diterbitkan dalam Jurnal MAIYAH Volume 2 No. 1 yang akan terbit bulan Maret 2023. 

 

Jurnal MAIYAH adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan karya ilmiah dan gagasan penelitian di bidang ilmu Perikanan, Kelautan, dan bidang lain yang terkait dengan masalah Perikanan dan Ilmu Kelautan. Jurnal MAIYAH  menerima karya ilmiah hasil penelitian dan review yang belum pernah dipublikasikan oleh media lain. 

 

Penulis diundang untuk mengirimkan secara elektronik melalui Website Jurnal http://jos.unsoed.ac.id/index.php/maiyah/index 

Template : https://bit.ly/template_maiyah_unsoed

 

Makalah yang dikirimkan harus dalam fokus kajian jurnal MAIYAH, yaitu:

 

1.Ekosistem dan biodiversitas perairan

2.Konservasi Sumberdaya  perairan

Crypto Aquatic-Mahasiswa Berwirausaha, Kenapa Tidak?

Produk Crypto Aquatic

Crypto Aquatic mulai dirintis pada tahun 2020 yang bertepatan pada saat Pandemi oleh dua bersaudara yaitu Setyawan Azhari dan Setyo Adi Prayoga yang merupakan mahasiswa FPIK dan FISIP Unsoed. Usaha Crypto Aquatic merupakan usaha yang menjual berbagai produk diantaranya aquascape, ikan hias, pakan ikan, perlengkapan akuarium, batu dan pasir hias, tanaman akuatik, dan lain sebagainya. Tidak hanya menjadi reseller, Crypto Aquatic juga memproduksi berbagai macam produknya sendiri seperti budidaya tanaman, akuarium, filter, dan bonsai aquascape. Pada mulanya, Crypto Aquatic hanya tersedia di merketpleace. Namun, melalui Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang diselenggarakan oleh Universitas Jenderal Soedirman pada bulan Januari 2022 mendapatkan bantuan berupa dana pengembangan usaha. Kegiatan PMW tersebut diketuai oleh Doni Rivaldo dengan anggota Setyawan Azhari, Lisa Andini, Doni Rivaldo, dan Setya Aufa Nur Aida yang dibimbing oleh Ibu Sesilia Rani Samudra, S.Pi., M.Si.

Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2023

PKM Center FPIK memulai rapat perdana tahun 2023 dengan menyusun program kerja dan strategi untuk meningkatkan jumlah proposal PKM tahun 2023. Strategi yang diterapkan diantaranya adalah melakukan pelatihan penulisan proposal PKM, Pembimbingan intensif, monitoring, evaluasi, dan melaksanakan event internal FPIK penulisan proposal PKM untuk menjaring ide- ide potensional dari para mahasiswa. Di tahun 2023 ini diharapkan akan mampu menumbuhkan budaya PKM di kalangan mahasiswa FPIK UNSOED.

Pemaparan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) untuk persiapan perkuliahan semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023

Tim Kegiatan Gugus Kendali Prodi (GKM) berperan tidak hanya melakukan monitoring proses pembelajaran, tetapi juga pra-pembelajaran yakni dengan meninjau RPS (Rencana Pembelajaran Semester). RPS merupakan dokumen yang disusun oleh dosen sebagai pedoman dan kendali dalam proses perkuliahan bagi dosen dan mahasiswa. Pemaparan RPS ini bertujuan untuk meninjau rencana proses pembelajaran agar sesuai dengan standar mutu yang berlaku. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 8-10 Februari 2023 untuk mempersiapkan perkuliahan Semester genap tahun ajaran 2022/2023.  

Monitoring dan Evaluasi (Monev) oleh Gugus Kendali Mutu (GKM) Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP)

Peran GKM untuk memajukan prodi MSP sangatlah penting dengan tujuan untuk mengetahui kinerja dosen. Salah satunya dengan melakukan Monitoring Evaluasi (MONEV) yang dilaksakan setiap akhir pembelajaran yakni saat UTS dan UAS. Senin, 6 Februari 2023 telah dilakukan pembagian hasil Monev proses pembelajaran. Diharapakan dengan adanya Monev tersebut setiap dosen dapat mempertahankan dan meningkatan kualitas pembelajaran untuk semester depan.  Setiap dosen menerima hasil penilaian mahasiswa dengan rentang nilai 1—4. Selain itu, juga terdapat saran dan masukan untuk kegiatan perkuliahan

PKS FPIK & BKKPN Kupang

Telah dilaksanakan Perjanjian Kemitraan antara FPIK Unsoed dengan Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang. Penandatangan kemitraan  dilaksanakan oleh Dr. Endang Hilmi, S.Hut., M.Si selaku Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Jenderal Soedirman dengan Imam Fauzi, S.S., M.Eng selaku Kepala Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikananpada hari Kamis 23 Februari 2023.

Tujuan Perjanjian Kemitraan ini untuk mendukung pengelolaan kawasan konservasi dan sumber daya kelautan dan perikanan melalui kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun Ruang lingkup Perjanjian Kemitraan ini meliputi: penguatan kapasitas sumber daya manusia; kajian dalam pengelolaan kawasan konservasi; dan pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan konservasi.

 
 
 

Contact us

Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan
Universitas Jenderal Soedirman
Jl. Dr. Soparno, Komplek GOR Soesilo Soedarman
Karangwangkal Purwokerto 53122

Telp/fax: (0281) 642360
email : fpik.unsoed@gmail.com
 

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.