November 2023

FPIK UNSOED menyelenggarakan Workshop Lokakarya Kurikulum menggunakan acuan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan pendekatan Outcome Based Education (OBE) didampingi Narasumber yang berkompeten

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNSOED mengadakan agenda workshop lokakarya Kurikulum, baik untuk Pogram studi S1maupun S2. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 tahun 2023 mengenai Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Bahwa dalam Standar Nasional Pendidikan menjadi acuan dalam menyusun evaluasi kurikulum.Pada unit Pelaksana standar pengelolaan dilakukan oleh Unit Pengelola Program Studi dan Perguruan Tinggi, diwajibkan untuk melakukan kegiatan pemantauan dan evaluasi secara periodik dalam rangka menjaga dan meningkatkan mutu proses Pembelajaran.

Workshop Lokakarya Kurikulum FPIK UNSOED Turut melibatkan Stakeholder dan Alumni

Pelaksanaan hari ke-2 Workshop Kurikulum Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Unsoed (Jum'at 27 Oktober 2023)

TUK FPIK UNSOED menyelenggarakan Sertifikasi Kompetensi Teknis Bidang Kelautan dan Perikanan (LSP- KP) BNSP

Terhitung sejak awal tahun 2023 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNSOED memperoleh izin Lembaga sertifikasi Kelautan dan Perikanan (LSP-KP) BNSP sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK). Selanjutnya bekerjasama dengan TUK Tangkas-Bogor, melaksanakan agenda Sertifikasi Kompetensi teknis bidang Kelautan dan Perikanan pada tanggal 12 November 2023. Okupasi bidang keahlian sertifikasi kompetensi yang dilaksanakan ditawarkan 3 pilihan, yakni : (1) Ahli Pembudidaya Ikan/ Udang; (2) Supervisor Bisnis Perikanan dan (3) okupasi Evaluator EAFM. Sertifikasi kompetensi diikuti oleh 23 orang Dosen, baik dari Program Studi S1 dan S2. Acara dibuka oleh Dekan FPIK Unsoed Dr. Endang Hilmi, S.Hut., M.Si dilanjutkan dengan proses assesment bagi Peserta.

Manfaat diadakannya Sertifikasi KompetensiBNSPyang dilaksanakan oleh FPIK,bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas SDM Dosenpada suatu kajian/profesi, meningkatkan daya saing dan produktivitasDosen. Sertifikasi BNSP dilakukan melalui serangkaian tahap penilaian kompetensiseperti penyusunan portofolio,verifikasi dokumen, ujian tertulis dan wawancara.

MONEV PKS FPIK UNSOED - BKKPN KUPANG

Dekan FPIK Unsoed, Dr. Endang Hilmi bersama Tim Dosen Pembimbing Kerja Praktek Mahasiswa, Dr. Tjahjo Winanto dan Dr. Rose Dewi menghadiri kegiatan Monitoring dan evaluasi Perjanjian kerjasama antara FPIK Unsoed dengan Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupangpada tanggal 31 Oktober 2023 di Grand Zuri Malioboro, Yogyakarta. PKS kemitraan  yang telah disepakati kedua belah pihak pada 23 Februari 2023. Tujuan adanya PKS ini yakni mendukung pengelolaan kawasan konservasi dan sumber daya kelautan dan perikanan melalui kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Ruang lingkup Perjanjian Kemitraan ini meliputi: penguatan kapasitas sumber daya manusia; kajian dalam pengelolaan kawasan konservasi; dan pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan konservasi.

FPIK UNSOED Berpartisipasi dalam (FGD) Pembangunan Perikanan Budidaya Berkelanjutan, mendukung Ketahanan Pangan Nasional yang diselanggarakan KKP

Dekan FPIK Unsoed, Dr. Endang Hilmi, S,Hut., M.Si menghadiri agenda Forum Group Discussion (FGD) Pembangunan Perikanan Budidaya Berkelanjutan, mendukung Ketahanan Pangan Nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Kementrian dan Kelautan Perikanan (KKP)pada tanggal 10 – 11 Oktober 2023. Kegiatan FGD KKP,bertujuan mendorong Perguruan Tinggi saling bersinergi untuk mengembangkan Sub-sektor Perikanan budidaya agar berkelanjutan, produktif dan ramah lingkungan.

Mahasiswa FPIK UNSOED Raih Gold Medal Sekaligus Best Awards International Creativity Innovation Di Ajang Malaysia Grand Invention Expo (MaGIEx) 2023

Pada Rabu, 15 November 2023, delegasi Universitas Jenderal Soedirman kembali meraih penghargaan di ptingkat internasional yaitu pada ajang Malaysia Grand Invention Expo (MaGIEx) 2023. Tim "Cucu Jenderal" Unsoed yang beranggotakan Zurna Maisya Awalia (Manajemen Sumberdaya Perairan 2022), Alfi Nuraeni (Farmasi 2022), Lamia Bawazir (2022), Devia Angelina Sopian (Biologi 2022), Ahmad Faizi (Agroteknologi 2022), Alif Ardandi (Agroteknologi 2022), Mahila Asana (Agribisnis 2021), Aqilah Rahma Ardiningrum (Teknologi Pangan 2021) dengan dosen pembimbing Prof. Dr. Maria Dyah Nur Meinita, S.Pi. M.Sc. meraih gold medal sekaligus best awards kategori International Creativity Innovation.

 
 
 

Contact us

Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan
Universitas Jenderal Soedirman
Jl. Dr. Soparno, Komplek GOR Soesilo Soedarman
Karangwangkal Purwokerto 53122

Telp/fax: (0281) 642360
email : fpik.unsoed@gmail.com
 

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.